BIMTEK PENGUATAN KELEMBAGAAN DAN KAPASITAS USAHA KELOMPOK TANI HUTAN "Pembuatan pupuk kompos"

  • Aug 23, 2024
  • ARDI SAPUTRA
  • Informasi

Padang Jaya,(22/08/2024)
Telah di laksanakan Kegiatan bimbingan teknis penguatan kelembagaan dan kapasitas usaha kelompok tani hutan dalam pembuatan pupuk kompos yang di selenggarakan oleh UPTD KPHP TELAKE Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis kepada Kelompok tani hutan alas tuo Desa Padang Jaya dalam pembuatan pupuk kompos dari bahan yang mudah di dapat dan dapat bermanfaat dalam industri pertanian tepatnya yang ada di Desa Padang Jaya.
Dalam kegiatan ini kepala UPTD KPHP TELAKE Dinas Kehutanan atau yang mewakili menyampaikan terkait rencana kegiatan pelatihan-pelatihan berikutnya, yang mana KPHP TELAKE berfokus pada masyarakat yang ada di dalam atau sekitar hutan kawasan di karenakan Desa Padang Jaya memiliki kawasan hutan resapan air yang harus di jaga seluas 12 hektar.
Bapak kepala Desa yang di wakili oleh sekretaris Desa menyampaikan terkait hutan 12 hektar yang sudah mendapatkan sertifikat dari BPN ini merupakan kabar baik untuk kelompok tani hutan alas tuo dan masyarakat Desa agar selalu menjaga hutan dalam sambutannya sekretaris Desa juga menyampaikan terkait perlindungan BPJS ketenagakerjaan yang berfungsi untuk menangani kecelakaan pada saat bekerja.
Narasumber menyampaikan terkait tahapan cara membuat pupuk kompos. 
Pupuk kompos merupakan hasil fermentasi dari bahan organik seperti tanaman, hewan atau limbah organik lainnya. 
Pupuk kompos sangat bermanfaat dan menguntungkan :
1. Memperbaiki struktur tanah berlempung sehingga menjadi ringan 
2. Memperbesar daya ikat tanah berpasir sehingga tanah tidak berderai
3. Menambah daya ikat air pada tanah
4. Memperbaiki drainase dan tata udara dalam tanah
5. Meningkatkan daya ikat tanah terhadap zat hara
- Bahan yang di butuhkan dalam pembuatan pupuk organik PPAH adalah : Kotoran sapi, Hijauan /daun hijau/jerami, dolomit / kapur, Dekomposer/EM4.
- Alat yang diperlukan adalah: parang ,sekop, cangkul, Garut, Gembor/Kep, ember dan gayung.
Setelah bahan dan alat yang di perlukan sudah lengkap maka selanjutnya KTH alas tuo melakukan praktek dalam pembuatan pupuk kompos.